Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 07 April 2021

Motor Listrik TVS iQube 2021, Skuter Terbaru Asal India

Motor Listrik TVS iQube 2021, Skuter Terbaru Asal India

Otomo.id
- Akhir-akhir ini trend motor listrik selalu mengalami peningkatan. Hal ini membuat perubahan yang cukup signifikan di dunia otomotif. Banyak produsen ternama di dunia ikut menciptakan sebuah inovasi baru untuk motor listrik, tak terkecuali negara India yang telah berhasil merilis motor listrik baru mereka. Motor itu diberi nama TVS I QUBE, dimana konsep yang di pakai masih sama dengan skuter matic umumnya.


Namun untuk teknologi yang disematkan sangat canggih, membuat motor ini tampak lebih gagah. Untuk harganya memang dibanderol cukup mahal, namun dari desainnya motor TVS I QUBE ini sangat unik, dimana pada kaca depan di bagian lampu utamanya dibuat dengan bentuk yang memanjang.


Lampu tersebut sudah menggunakan teknologi LED yang membuat pencahayaan ketika malam hari lebih maksimal. Peletakannya juga bukan terletak pada bagian stang kemudi nya seperti motor pada umumnya, tetapi terletak pada bagian depan, lebih tepatnya di sisi bagian atas spakbor depan. Desain lampu utama yang memanjang serta lampu sein yang dipasang sejajar pada bagian kiri motor dan kanan headlamp, membuat tampilan motor ini benar-benar unik.


Pada bagian belakang motor terdapat stop lamp serta lampu sinyal yang di desain menggunakan tampilan yang cukup simple serta kecil, membuat ciri khas tersendiri. Untuk dapur pacunya dilengkapi dengan daya 4.4 kw. Dilengkapi dengan 3 baterai li-ion yang memiliki kekuatan yang tertinggi,serta tahan terhadap air dengan sertifikasi  IP 67.


Baterainya memiliki garansi selama 3 tahun dengan jarak tempuhnya yang mencapai 50.000 km, dan jika baterainya terisi penuh maka mampu melaju dengan kecepatan tertinggi nya 78 km dengan jarak 75 km/jam. Untuk akselerasinya mulai dari 0 sampai 40 kpj, yang dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu 4,2 detik saja.


Untuk memberi rasa nyaman maka motor unik TVS IQUBE sudah menggunakan suspensi pada bagian depannya dengan jenis teleskopik, dan untuk bagian belakangnya memakai suspensi dengan jenis peredam kejut tabung hidrolik ganda. Untuk ban nya sudah menggunakan ban tubeless dengan ukuran 90/90 ring velg yang memiliki ukuran 12 inci pada bagian sisi depan maupun belakangnya. Dari segi keamanan, kedua remnya baik depan maupun belakang sudah menggunakan rem cakram dengan ukuran 220 mm depan serta 130 mm untuk bagian belakangnya.


BACA JUGA : SPESIFIKASI DAN HARGA ROYAL ENFIELD METEOR 350 2021


Selain itu motor unik TVS I QUBE ini juga dilengkapi dengan teknologi yang canggih seperti teknologi bluetooth dengan fitur smart X connect, selain itu sobat otomo juga bisa mendapatkan fitur lain seperti smart stastistic, geofencing, remote charge, navigasi serta incoming call alerts. Dan tidak ketinggalan ada juga fitur keren yang bernama parking assist, yang memiliki fungsi untuk membantu pengendara menemukan motor nya saat sedang berada di parkiran. Jadi sobat otomo tidak perlu repot-repot lagi mencari dimana kendaraan motor sobat berada.


Dari semua fitur, terdapat fitur dengan nama regeneratif brakery yang dapat membuat baterai akan terisi kembali melalui daya yang di keluarkan pada saat pengereman terjadi. Wah keren ya sobat, selain tampilannya yang unik motor TVS I QUBE ternyata juga punya fitur yang sangat keren. Namun motor ini tetap memiliki kekurangan ya sobat otomo, yakni tidak ada nya pilihan untuk warnanya. Motor ini hanya tersedia dengan warna putih saja. Jadi sobat otomo tidak bisa memilih warna yang disukai.


Dari fitur yang di tawarkan serta desain yang begitu apik, pasti membuat sobat otomo berfikir jika motor unik ini memiliki harga yang sangat mahal. Namun jangan salah, meskipun teknologi yang dipakai motor ini sudah canggih, serta  desainnya yang unik dan fiturnya yang sangat keren, tidak membuat harga TVC I QUBE mahal, malah sebaliknya.


Harga motor TVS I QUBE 2021 bisa dibilang terjangkau dan sebanding jika dibandingkan dengan fitur serta desain dan juga spesifikasi yang diberikan. Di negara asalnya India, motor ini dijual dengan harga kurang lebih RS. 115 lakh. Jika dirupiahkan maka menjadi sekitar Rp.20 juta. Namun nampaknya sobat otomo harus sedikit kecewa, lantaran motor unik TVS I QUBE belum di pasarkan di negara Indonesia, melainkan untuk saat ini hanya dijual di negara asalnya saja yakni negara India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar