Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 08 April 2021

Ini Dia Perbedaan Motor Genio CBS Dengan CBS ISS

Perbedaan Motor Genio CBS Dengan CBS ISS

Otomo.id
- Genio menjadi salah satu motor matic buatan Honda yang memiliki tampilan sangat menarik dan berbeda dari motor Honda lainnya. Tampilan compac dan memiliki banyak fitur keren menjadikan motor Genio layak untuk menjadi pilihan. Motor Honda Genio sudah menggunakan mesin dengan kapasitas 110 cc,tenaga yang dihasilkan mencapai 6,6 kw dengan torsi puncaknya mencapai 9,3 nm.


Menariknya, motor Genio hadir dengan 2 varian yang berbeda yakni, Genio CBS dan juga Genio CBS ISS. Walaupun terdengar sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Jika sobat otomo ingin mengetahui perbedaannya, berikut otomo.id akan membahas perbedaan keduanya.

Perbedaan Genio CBS Dengan CBS ISS

1. PERBEDAAN PADA FITUR ISS

Perbedaan Genio CBS dengan CBS ISS yang pertama adalah fitur unggulan yang dimiliki keduanya. Motor Genio CBS ISS dibekali dengan fitur ISS atau idling stop system. Sedangkan untuk tipe Genio CBS nya tidak memiliki fitur ini, yang mana fungsi dari fitur ini adalah sebagai penghemat bahan bakar. Cara kerjanya adalah jika sistem ini diaktifkan dan motor berhenti kurang lebih 5 detik tanpa tarikan gas, maka otomatis engine control module akan membuat motor mati. Untuk membuatnya hidup kembali, maka sangat mudah sobat otomo hanya perlu menarik tuas gasnya saja.


2. BERAT MOTOR

Walaupun tipe CBS maupun CBS ISS memiliki ukuran dimensi sama, yakni 1869 mm untuk panjangnya sedangkan 692 mm untuk lebarnya,dan juga 1061 mm untuk ukuran tinggin nya, namun keduanya memiliki ukuran berat yang berbeda. Tentunya berat dihitung dengan kondisi motor kosong tanpa bahan bakar. Untuk varian motor Genio CBS memiliki berat sekitar 89 kg sedangkan varian CBS ISS mempunyai ukuran berat 90 kg, sedikit lebih berat namun hanya selisih 1 kg saja.


3. KAPASITAS AKI

Perbedaan Genio CBS dengan CBS ISS yang dapat ditemukan selanjutnya adalah kapasitas aki yang digunakan keduanya. Walaupun kapasitasnya berbeda, namun tipe CBS ataupun CBS ISS menggunakan tipe yang sama ,yakni tipe MF-12V. Pada varian motor Genio CBS, aki yang digunakan memiliki kapasitas 3 Ah (Amperhour), sedangkan untuk varian motor Genio tipe CBS ISS menggunakan kapasitas 5Ah (Amperhour).

Perbedaan Motor Genio CBS Dengan CBS ISS


4. COVER CVT

Perbedaan motor Genio CBS dengan CBS ISS selanjutnya dapat sobat otomo temukan pada cover CVT yang digunakannya. CVT sendiri adalah kepanjangan dari continously variabel transmission. Untuk varian CBS, cover CVT nya semuanya berwarna hitam. Sedangkan pada varian CBS ISS memakai warna silver yang dipadukan warna hitam agar terlihat lebih bagus.


5. PILIHAN WARNA

Perbedaan motor Genio tipe CBS dan CBS ISS yang terlihat paling mencolok adalah warna pada bodi motornya. Motor Genio memiliki 11 pilihan warna untuk tipe CBS maupun CBS ISS. Untuk tipe CBS terdapat 5 pilihan warna yaitu smart black, ada juga warna smart black red, smart silver, warna smart Red, dan yang terakhir ada pilihan warna smart white blue. Sedangkan untuk tipe CBS ISS memiliki 6 pilihan warna yaitu trendy black, trendy white red, warna black red, fabulous matte black,serta trendy white dan yang terakhir ada warna trendy white blue.


6. STIKER

Perbedaan yang mencolok juga terlihat pada stiker yang di tempel pada kedua motor tersebut. Hal ini dibuat untuk para konsumen supaya lebih mudah membedakan mana motor Genio tipe CBS dan mana motor Genio CBS ISS. Untuk tipe Genio CBS stiker tulisan diletakkan pada bodi samping bagian belakangnya. Sedangkan untuk CBS ISS tulisan Genio terletak pada Sisi belakang bodinya.


7. HARGA GENIO CBS DENGAN CBS ISS

Perbedaan Honda Genio CBS dan CBS ISS Yang terakhir dapat dilihat dari harganya, untuk tipe CBS ISS dijual lebih mahal dari CBS. harganya sendiri untuk tipe CBS di banderol sekitar Rp.17.680.000. Sedangkan untuk tipe CBS ISS dijual dengan kisaran harga Rp.18.150.000. Keduanya memiliki selisih Rp470.000, harga ini untuk OTR Jakarta ya sobat otomo.


Sebaiknya sebelum membeli, sobat otomo perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan keduanya agar kalian tidak menyesal dikemudian hari. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan tersendiri, hanya saja untuk tipe CBS ISS pilihan warna nya lebih banyak serta memiliki sedikit keunggulan dari saudaranya. Hal ini juga dikarenakan harganya yang memang sedikit lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar