Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 28 April 2021

Renault Zoe Ikut Diperkenalkan Di Ajang IIMS 2021

Renault Zoe Ikut Diperkenalkan Di Ajang IIMS 2021

Otomo.id
- Acara IIMS Hybrid 2021 saat ini tengah berlangsung. Ajang ini sepertinya sangat dimanfaatkan banyak dari perusahaan otomotif yang memperkenal kan produk terbaik mereka. Salah satunya adalah perusahaan Renault yang ikut memperkenalkan mobil listrik buatan mereka yakni Renault Zoe.


Mobil ini masuk kategori mobil dengan tenaga listrik yang masuk kategori full battery (BEV). Mobil Renault Zoe ternyata adalah mobil terlaris yang di pasarkan di negara Eropa. Namun untuk harganya memang masih sangat mahal. Hal ini wajar karena memakai teknologi yang canggih dengan desain dan juga fitur yang begitu keren.


Memang mobil listrik di pasaran Indonesia popularitasnya belum sebesar mobil konvensional. Alasannya karena tidak banyak pabrikan yang menghadirkan nya. Selain itu harga mobil listrik yang mahal membuat masyarakat Indonesia berpikir dua kali untuk membelinya. Namun walaupun begitu (PRI) yakin jika Renault Zoe akan menjadi pilihan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia.


Performanya sangat powerfull, dimana spesifikasi yang ditawarkan untuk mesinnya sudah dibekali dengan motor listrik dengan tipe Synchro nous dengan rotor coil. Tenaga yang dihasilkan mencapai 80 kw atau 110 hp untuk torsi tertinggi nya yakni mencapai 225 Nm. Sedangkan untuk kecepatan tertingginya mencapai 84 mph.


Sedangkan untuk tipe R 235 adalah model tertinggi dari Renault Zoe. Namun Renault masih tetap menggunakan mesin dengan Synchronous rotor coil,untuk dapur pacu utamanya. Tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar sekitar 135 hp atau setara dengan 100 kw. Perbedaan untuk power maksimumnya menjadikan kecepatan tertinggi nya untuk tipe R 135 lebih baik yakni sekitar 87 mph. Walaupun secara spesifik perbedaannya tidak begitu jauh namun, hal ini menjadikan harga Renault zoe untuk kedua model nya  berbeda.


Kapasitas baterainya juga cukup besar yakni sekitar 52 kWh. Baterainya dapat digunakan untuk kebutuhan perjalanan jauh sampai 394,2 km atau bisa juga untuk perjalanan sehari-hari. Sedangkan untuk sistem transmisi nya sudah otomatis. Tampilan desain sangat sporty serta elegan untuk ukuran panjangnya 4087 cm serta lebar 1.730 dan juga untuk tingginya 1.562.


BACA JUGA : MOBIL LISTRIK MOBIL GARAGES BAKAL DOBRAK PASAR INDONESIA


Untuk kapasitas penumpang nya adalah 5. Mobil Renault Zoe memiliki jarak sumbu roda nya 2.588 mm dan untuk jarak terendah ke tanahnya sekitar 120 mm. Untuk bobot keseluruhan sebesar 1.988 kg. Tampilan pada bagian depan mobil Renault Zoe sangat minimalis, hal ini di karenakan headlamp yang memiliki ukuran cukup besar dengan teknologi LED, yang dilengkapi lampu DRL serta lampu sein dengan cahaya yang begitu terang.


Pada bagian bumper mobil ada grill dengan ukuran besar yang diapit dua lampu fog untuk bagian kanan serta kirinya. Sedangkan pada bagian sisi belakang dibuat dengan desain yang minimalis dengan tidak begitu banyak aksen dan lekukan. Namun tentunya tetap elegan dengan desain stop lamp yang dibuat begitu simple dengan warna hitam untuk bagian bawah bumper yang membuat kesan begitu menarik.


Untuk keamanan dan kenyamanan tidak diragukan lagi. Di mana sudah menggunakan velg dengan ukuran ring 15 dengan desain yang kekinian. Velg-nya mempunyai ukuran 185/65 dengan cakram yang memiliki diameter 280 mm untuk sisi depan dan juga belakangnya. Ada juga fitur ABS untuk fitur keamanannya.


Untuk bagian interiornya terdapat sistem infotaiment yakni head unit dengan ukuran 9,3 inci serta cluster instrumen dengan TFT yang memiliki ukuran 10 inci. Selain itu ada wireless charging serta fitur lain seperti Android auto dan Apple carplay. Yang uniknya terdapat fitur canggih seperti B mode,yakni fitur yang berfungsi untuk memaksimalkan kinerja rem regeneratif dan mengubah energi dari berhenti untuk menjadi mengemudi. Serta ada juga sistem E shift,dimana terdapat tuas persneling elektronik yang berfungsi untuk memudahkan mode satu ke lainnya hanya perlu menggunakan satu saklar.


Untuk pilihan warna mobil Renault Zoe ini cukup banyak, seperti warna A conite, celadon blue, flame red, serta warna titanium grey, ada juga quarte white, serta warna glacler white, dan diamond black serta yang terakhir ada highlight grey. Untuk harga Renault Zoe belum mendapat informasi yang pasti. Pihak Renault sendiri belum mengkonfirmasi, namun berdasarkan info dari beberapa sumber, harga mobil ini diperkirakan mulai dari Rp.750 juta sampai Rp.900 juta. Harga ini adalah estimasi dengan melihat harga di pasaran Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar