Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 07 April 2021

Tips Membersihkan Rantai Motor Dengan Benar

Tips Membersihkan Rantai Motor Dengan Benar

Otomo.id
- Rantai motor merupakan salah satu komponen terpenting pada sepeda motor. Rantai motor sendiri memiliki fungsi yakni untuk meneruskan tenaga dari transmisi menuju ke roda bagian belakang. Maka dari itu sobat otomo perlu merawat kondisi rantai sepeda motornya ya.

Apabila tidak dirawat maka yang akan terjadi adalah rantai motor cepat kering serta mengalami kendur. Hal ini akan menimbulkan suara berisik pada rantai motor. Selain itu rantai motor yang kendor akan dapat mengurangi akselerasi motor. Namun sobat Otomo jangan khawatir, mimin akan memberikan tips membersihkan rantai motor dengan benar.

Cara Bersihkan Rantai Motor

1. MENGETAHUI JENIS RANTAI MOTOR YANG DIPAKAI
Tips membersihkan rantai motor yang pertama adalah sobat otomo harus memastikan terlebih dahulu rantai motor jenis apa yang digunakan pada kendaraan motor sobat. Rantai motor sendiri dibedakan dengan 2 jenis, yaitu ada rantai jenis o-ring dan ada rantai motor biasa. Apabila jenis rantai biasa maka untuk proses pembersihan nya sangat mudah. Hal ini dikarenakan rantai biasa terbuat dari logam yang saling terhubung.

Sedangkan untuk rantai o-ring pembersihannya sedikit lebih sulit, sobat otomo harus melakukannya dengan cara yang lebih hati-hati. Hal ini dikarenakan rantai jenis ini memakai bahan karet yang menghubungkan antar rantai.

2. POSISIKAN MOTOR MENJADI TEGAK
Setelah mengetahui rantai jenis apa yang digunakan maka langkah selanjutnya adalah, sobat otomo harus memposisikan kendaraan motor sobat menjadi posisi yang tegak. Bisa memakai paddock atau standar tengah. Selanjutnya cek rantai juga sprocket gearnya. Yang harus diperiksa seperti tingkat keausan pada mata rantainya. Cara kerjanya cukup mudah, yakni hanya dengan menggoyangkan rantai secara bergantian ke kanan dan ke kiri saja.Kemudian tarik rantai ke belakang. Jika rantai kendor tandanya rantai mulai aus.

3. PERIKSA BAGIAN SPROCKET GEAR NYA
Tips membersihkan rantai motor berikutnya adalah sobat otomo perlu mengecek kondisi sprocket gear nya. Sproket Gear yang sudah aus akan terlihat mata gearnya mulai menajam. Jika perlu diganti maka gantilah rantai dengan gearnya sekaligus. Hal ini akan memastikan jika baik rantai maupun gearnya baru,karena jika hanya gearnya saja yang diganti maka akan mempengaruhi kondisi rantai begitupun sebaliknya.


4. SEMPROT RANTAI DENGAN CAIRAN
Tips membersihkan rantai kali ini sudah mulai memasuki tahap inti.Hal yang harus sobat otomo lakukan adalah dengan menyemprotkan rantai motor menggunakan cairan penetraan. Jika tidak bisa memakai cairan penetraan, maka sobat otomo bisa memakai minyak tanah. Lakukan ke seluruh bagian rantai dan setelah itu diamkan untuk beberapa saat.

5. MENGGUNAKAN SIKAT
Tips membersihkan rantai motor selanjutnya adalah dengan memakai sikat khusus atau sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Cara menggunakannya sangat mudah, yakni hanya dengan menyikat rantai motor secara perlahan. Sikat secara menyeluruh pada bagian rantainya. Pastikan kotoran yang dihasilkan dari sisa oli atau debu dapat hilang. Lakukan cara ini secara berulang-ulang untuk memastikan rantai sudah dalam keadaan bersih.

6. SEMPROT KEMBALI DENGAN CAIRAN
Seperti cara sebelumnya,sobat otomo harus menyemprot kembali rantai motor dengan minyak tanah. Hal ini berfungsi untuk membuat kotoran yang berada di sekitar rantai dan juga gear rontok serta hilang. Namun kali ini yang perlu diingat adalah,setelah disemprot keringkan rantai dengan memakai lap kering jangan didiamkan seperti cara sebelumnya. Karena pada proses ini,rantai motor sudah dalam keadaan bersih.

7. LUMASI RANTAI MOTOR
Melumasi rantai motor menjadi langkah terakhir dalam membersihkan rantai. Lumasi rantai motor dengan dengan memakai cairan yang bernama Chain lube. Cara kerjanya adalah dengan semprot cairan chain lube pada bagian mata gearnya serta rantai secara merata ke seluruh bagian. Yang perlu Sobat otomo catat adalah jangan pernah memakai oli bekas jika ingin melumasi motor, cara ini salah.

Ada banyak dari orang-orang yang menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai, padahal cara ini sangat tidak dianjurkan. Oli bekas di dalamnya sudah tercampur dengan kotoran  yang didapat pada saat proses pelumasan mesin. Jadi hal ini akan mempengaruhi cara kerja rantai sehingga malah akan semakin memperparah kerusakan pada rantai motor sobat otomo.

Diatas adalah tips bagaimana caranya membersihkan rantai motor yang dapat sobat otomo lakukan sendiri dirumah. Caranya cukup simple dan hanya membutuhkan beberapa bahan saja. Lakukan cara ini secara teratur agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar