Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 03 April 2021

6 Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Karpet Mobil

6 Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Karpet Mobil

Otomo.id
- Pada artikel ini kita akan membahas tips untuk menghilangkan bau karpet pada mobil. Memiliki kabin mobil yang nyaman dan bebas dari bau menyengat adalah salah satu bagian penting yang harus kita perhatikan. Salah satu hal yang kerap sekali mengganggu kenyamanan pada saat berkendara adalah bau yang diakibatkan oleh karpet mobil.


Tentunya sobat Otomo semua tidak asing lagi dengan bau karpet mobil, apalagi jika karpet yang baru. Tentunya bau yang dikeluarkan tidak sedap di hidung bukan? Nah, untuk itu sobat Otomo perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan bau karpet pada kabin mobil.


Untuk sobat Otomo yang sudah melakukan beberapa cara dan hasilnya tidak memuaskan, karena baunya tidak hilang-hilang. Berikut adalah tips untuk kamu yang ingin menghilangkan bau karpet pada kabin mobil.


1. Sirkulasi Udara Yang Baik

Salah satu hal yang paling utama kamu perhatikan untuk mencegah bau karpet menyengat adalah sirkulasi udara yang baik. Memiliki sirkulasi udara yang baik akan mengurangi bau karpet yang akan muncul, karena bau akan menyebar lewat udara. Ketika sirkulasi udara tidak baik, maka udara dalam mobil tidak bergerak sehingga bau akan sulit untuk hilang.


Untuk itu mimin sarankan untuk memperhatikan sirkulasi udara mobil kamu, sehingga bau karpet akan cepat hilang. Ataupun kamu bisa membuka jendela mobil saat sedang berkendara, ketika dirasa bau sudah tidak ada lagi, kamu bisa menutup jendela dan memulai perjalanan dengan nyaman lagi.


Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengipas kabin mobil kamu agar mempercepat aliran udara. Dengan catatan kamu harus membuka jendela dan pintu mobil, sehingga angina bisa leluasa keluar masuk.


2. Menggunakan Air Purifier Dalam Mobil

Menggunakan air purifier dalam mobil juga akan mengurangi bau karpet yang menyengat dalam mobil. Air purifier memiliki fungsi untuk menghilangkan bau tak sedap dalam mobil, salah satunya adalah bau karpet mobil yang baru dipasang. Sobat Otomo bisa memasang pengharum sesuai dengan selera, sehingga kamu akan terhindar dari bau karpet.


Sobat Otomo juga perlu ketahui, menggunakan air purifier dalam mobil banyak yang tidak menyukainya karena baunya yang menyengat. Untuk itu kamu harus pintar memilih bau pengharum yang nyaman di hidung, supaya setiap kamu berkendara akan mendapatkan kenyaman di perjalanan.


3. Membersihkan Karpet

Tips berikutnya mungkin kelihatan umum sekali, tetapi kebanyakan dari kita masih menyepelekan hal ini, akibatnya bau karpet tidak sedap lama hilang. Membersihkan karpet adalah cara yang paling tepat untuk kamu lakukan, sobat bisa menghilangkan bau dengan cara mencuci karpet. Pada saat kamu mencucinya, mimin sarankan untuk tidak menggunakan sabun yang kadar kimianya tinggi, karena bisa menyebabkan karpet cepat rusak.


BACA JUGA : PERBEDAAN SISTEM PENGGERAK FWD DENGAN RWD


Setelah selesai dicuci, karpet langsung dikeringkan. Tetapi harus diingat pada saat kamu menjemur karpet, hindari terkena dengan panas yang terik, supaya karpet tidak cepat rusak. Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan kotoran-kotoran yang masih tersisa dengan menggunakan Vakum.


4. Irisan Bawang Merah

Cara ini juga patut kamu coba sobat Otomo yaitu dengan menggunakan irisan bawang merah. Caranya pun sangat mudah, kamu cukup mengiris bawang merah lalu taruh diatas piring. Kemudian letakkan piring yang telah kamu taruh irisan bawang merah di dalam mobil dekat karpet yang bau. Pada saat kamu menaruh bawang merah di dalam mobil, sebaiknya kamu membuka jendela dan pintu mobil, supaya baunya tidak tertinggal didalam kabin.


5. Menggunakan Baking Soda

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan baking soda, cara ini terbilang rumit tetapi tidak ada salahnya untuk kamu mencobanya. Kamu bisa melakukannya dengan menaburkan baking soda di permukaan karpt mobil yang memiliki bau menyengat. Kemudian biarkan selama 4-5 jam. Mimin sarankan kamu melakukannya dimalam hari atau saat mobil tidak sedang digunakan, supaya waktunya lebih lama. Setelah itu kamu bersihkan sisa baking soda yang ada di karpet, kamu bisa menggunakan vakum untuk hasil yang lebih bersih.


6. Menggunakan Bubuk Kopi

Tips terakhir yang wajib kamu coba, setelah beberapa kali gagal adalah menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi sudah terbukti mampu menghilangkan berbagai macam bau yang tidak sedap termasuk bau karpet. Caranya sangat mudah, kamu tinggal menggantung bubuk kopi didalam mobil yang ditaruh dalam plastic atau wadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar