Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 07 Mei 2021

Maxio 500 RR Motor Cina Tiruan, Mirip Panigale V4

Maxio 500 RR Motor Cina Tiruan, Mirip Panigale V4

Otomo.id
- Perusahaan motor yang berasal dari negara China yakni Maxio kali ini kembali menghebohkan publik. Perusahaan Maxio di kabarkan telah merilis sepeda motor baru dengan nama Maxio 500 RR. Yang cukup membuat publik terkejut adalah desain dari motor Maxio 500 RR serupa atau sangat mirip dengan Panigale V4 buatan negara Italia.


Bahkan publik sempat mengira jika ini adalah sebuah plagiat karena desainnya yang sangat mirip. Untungnya motor plagiat ini hanya berada di negara asalnya saja yakni Cina. Jika motor ini dijual dipasaran global maka akan banyak orang yang salah mengira jika motor Maxio 500 RR adalah motor Panigale V4.


Orang akan kesusahan membedakan motor Maxio 500 RR dengan Panigale V4 apabila dilihat dari jauh. Tetapi jika dilihat lebih teliti maka perbedaannya tetaplah ada. Misalnya saja dari suara knalpot nya yang jauh berbeda. Dari segi mesin nya juga pasti sangat berbeda. Desain keseluruhan dari motor Moxiao 500 RR ini bisa dibilang sangat mengesankan.


Motor ini dapat membuat desain yang sama persis dimulai dari garis yang agresif dari Panigale V4. Tak hanya itu saja, untuk desain bagian belakang maupun depannya juga dibuat sangat mirip dengan motor tiruan nya.


Pada bagian lampu utama nya dibuat dengan bentuk yang sipit, mengarah kebagian bawah, sedangkan untuk suspensi bagian depan nya menggunakan upside down dengan menggunakan diameter yang berukuran besar. Pada bagian fairing sampingnya dan juga kanlpot nya menyembul, dan untuk jok nya sudah terpisah sampai untuk single arm nya dibuat dengan sangat mirip dengan motor Panigale V4.


Yang lebih mengherankan adalah bahkan dari warna kombinasinya, yakni warna merah solid berhasil membuat motor Maxio 500 RR menjadi kembar serupa motor Panigale V4. Bahkan tidak sampai situ saja loh sobat Otomo, bentuk huruf yang terletak di bagian fairingnya juga sama. Yang cukup membuat heran adalah perusahaan Maxio ini cukup berani plagiat secara terang-terangan. Dimana merek serta modelnya di tampilkan secara jelas.


Untuk menghasilkan proporsi sama, maka Maxio 500 RR menggunakan ban yang besar dengan ukuran ban depannya 120 dan ban belakang nya 190. Sedangkan untuk mesin atau bagian dapur pacunya menggunakan mesin 471 untuk paralel kembar, mirip dengan buatan Honda. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sampai 47 horse power serta dapat berakselerasi mulai dari diam sampai kecepatan 100 km/jam. Dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 7 detik saja.


BACA JUGA : PERUBAHAN DAN HARGA ALL NEW HONDA CB150R STREETFIRE


Sedangkan untuk kecepatan maksimal nya, motor Maxio 500 RR bisa menempuh jarak 160 km per jam, tentunya ini masih kalah jauh dengan motor tiruan nya yakni Panigale V4 yang dapat menempuh 280 km per jam. Namun dari pihak Maxio mengklaim jika keunggulan motor ini bukan terletak pada mesinnya, namun lebih ke bahan bakarnya yang efisien. Misalnya saja untuk 1 liter BBM dapat menempuh jarak sampai 22 km.


Sedangkan untuk motor tiruan nya yakni Motor Panigale V4 tidak hanya memiliki kecepatan yang lebih baik, tetapi juga performanya sangat tinggi jika dilihat berbagai sisi. Untuk jantung pacunya saja menggunakan mesin dengan kapasitas 1.103 cc mesin berpendingin liquid, dan L-Twin dengan silinder yang dapat menghasilkan tenaga 214 hp serta torsi puncak nya mencapai 124 Nm.


Keunggulan untuk segi performa nya adalah berat nya sekitar 172 kg. Selain itu sistem pengendalian yang sangat mumpuni dikarenakan adanya penggunakan suspensi Ohlins, serta rem cakram yang berasal dari Brembo. Dan yang paling utama adalah gampangnya melakukan pengendalian pada motor ini.


Untuk segi keamanannya, motor Panigale V4 sudah dibekali dengan fitur yang sangat canggih, sedangkan motor buatan cina Maxio 500 RR ini hanya bisa meniru bentuk desainnya saja. Sedangkan untuk fitur dan juga teknologi yang dipakai masih kalah jauh dengan motor tiruannya.


Harga Maxio 500 RR ini juga berbeda jauh jika dibandingkan dengan panigale v4, dimana motor Maxio 500 RR dibandrol dengan harga yang lebih murah. Nah, setelah mengetahui keunggulan serta kekurangannya, apakah sobat Otomo tertarik untuk membeli motor buatan China ini? Namun sepertinya akan sedikit sulit, mengingat motor ini hanya dipasarkan di negara asalnya saja yakni China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar