Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 06 Mei 2021

Mobil Listrik Mini Toyota C+Pod Hadir di IIMS Hybrid 2021

Mobil Listrik Mini Toyota C+Pod Hadir di IIMS Hybrid 2021

Otomo.id
- Pada saat acara IIMS Hybrid tahun 2021, perusahaan terkenal Toyota ternyata menampilkan salah satu mobil listrik buatan mereka yakni C+Pod, sebuah mobil listrik dengan ukuran yang mini. Namun belum secara resmi di pasarkan ya sobat Otomo, masih sebatas di memperkenalkan saja.


Akan tetapi jika dilihat dari tampilannya, mobil listrik mini ini akan cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan bisa menjadi solusi untuk masalah mobilitas perkotaan. Ukurannya yang mini dapat menghemat ruang dan tentu nya bisa sedikit mengatasi masalah kemacetan yang selalu melanda ibukota.


Sengaja dibuat untuk mempromosikan EV sehingga tidak perlu membuatnya menjadi terlalu futuristis serta intimidatif. Mobil C+Pod menjadi antitesis yang berasal dari perubahan elektrifikasi pada masa kini. Untuk dimensi nya dibuat lebih kompak dengan model yang lebih berisi. Jika dilihat dari luar, ukuran untuk bodinya di dominasi oleh pelek dengan ukuran yang kecil dengan ukuran 13 inci.


Untuk ukuran panjangnya, mobil mini C+Pod hanya sekitar 2.490 mm,sedangkan untuk lebar nya yakni 1.290 mm,untuk tinggi nya 1.550 mm.Namun dengan ukuran yang mini,mobil listrik ini sangat cocok jika dipakai di kota-kota besar karena gampang untuk bermanuver sehingga tidak membutuhkan banyak ruang.


Untuk desain nya sangat modern,dengan adanya penggunaan teknologi lampu LED baik untuk bagian depan ataupun untuk lampu belakangnya. Namun untuk bagian jendela nya terlihat lebih sederhana, karena masih menggunakan pengait jendela,jadi belum menggunakan teknologi power window. Untuk bagian kabin nya juga dibuat sederhana,di buat dengan desain yang lebih gampang untuk di operasikan.


Seperti hal nya pemakaian tombol untuk berkendara, sehingga dapat memudahkan pengendara untuk bisa cepat beradaptasi. Misalnya adalah adanya tombol yang berukuran cukup besar pada bagian konsol yang terletak di tengah untuk mengatur arah transmisinya. Terdapat tiga pilihan yaitu mundur, maju atau netral. Sedangkan untuk ruang geraknya diklaim tidak akan mempengaruhi panel pintunya. Untuk ukuran kabin nya yaitu 1,1 meter.


Jika dipakai untuk dua orang sepertinya tidak bisa. Akan tetapi untuk jok nya tampil dengan suportif serta memiliki ukuran yang cukup besar. Ruang kabin nya bukan luas kebagian samping tapi lebih luas untuk ruang depan nya. Sama hal nya dengan mobil jenis kei car yang lain,mobil C+Pod dibuat dengan langit atap yang tinggi,sehingga memiliki banyak ruang yang tersisa. Jendela yang dibuat besar,memudahkan para pengendara untuk bebas melihat pemandangan diluar jendela.


Mobil ini memang sengaja dibuat untuk di pakai di wilayah perkotaan yang penuh dengan mobilitas penduduk, jadi tidak cocok jika digunakan untuk perjalanan jauh. Dengan ukuran ruang kabin nya,maka cukup untuk di gunakan beraktivitas sehari-hari. Adanya kompartemen dibagian belakang jok dapat digunakan untuk menyimpan ransel.


Mobil mini C+Pod sudah dibekali dengan motor listrik yakni 1 RM. Untuk sumber penggeraknya terdapat diporos belakang. Tidak menghasilkan begitu banyak tenaga, mobil mini ini dapat mengeluarkan output yakni 12,3 hp. Untuk torsi tertinggi nya yaitu 56 Nm.Untuk bobot berat nya yakni 670 sampai 690 kg.


Tenaganya berasal dari baterai dengan kapasitas 9,06 kWh. Untuk satu kali pengisian dapat digunakan untuk menempuh jarak yakni sampai 150 km. Jarak yang cukup jauh jika digunakan untuk dikenderai dalam kota yang hanya perlu di isi daya dari 5 sampai 16 jam saja.


Tentunya hal ini dikarenakan karakteristik sederhana nya. Dimana baterainya dibuat untuk menempuh jarak jauh. Namun untuk sekarang,mobil listrik mini C+Pod belum di jual dipasaran untuk dijadikan mobil pribadi. Rencana baru akan dipasarkan untuk para konsumen di tahun mendatang yakni 2022. Dilihat dari dimensinya serta performa mobil ini,mobil listrik mini C+Pod memang sengaja dibuat sebagai solusi masyarakat perkotaan.


Jika dilihat dari potensi nya,mobil C+Pod ini dapat digunakan untuk alat transportasi secara pribadi untuk car sharing. Karena mudah untuk dikemudikan,serta ringkas dan juga ramah lingkungan. Mobil listrik mini ini diharapkan dapat membawa perubahan di masa depan untuk membantu mengurangi kepadatan kendaraan di kota-kota besar dengan tidak harus membatasi ruang gerak nya. Semoga saja hal ini benar-benar dapat di realisasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar