Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 27 Mei 2021

Mobil Microsoft Surface VS Otonom Apple

Mobil Microsoft Surface VS Otonom Apple

Otomo.id
- Perusahaan raksasa Microsoft serta Macintosh selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Hal ini dikarenakan mereka selalu berlomba untuk menunjukkan keunggulannya dalam membuat sebuah produk dengan teknologi yang canggih. Perseteruan dua perusahaan besar itu semakin dalam waktu terakhir ini. Namun yang menarik adalah tidak hanya bersaing pada dunia teknologi serta komputer saja, namun ternyata mereka juga mulai bersaing di dunia transportasi.


Microsoft sendiri akan memperkenalkan Surface Car, yakni sebuah mobil yang di prediksi akan menjadi mobil masa depan tercanggih, mobil ini terinspirasi oleh desain laptop milik Microsoft sendiri. Untuk desain mobilnya, di gambar langsung oleh Gu-rum, yakni desainer otomotif yang terkenal di Korea. Walaupun untuk sekarang masih berbentuk konsep saja, namun bentuknya sangat dekat ke versi produksinya, sehingga tidak menutup kemungkinan jika mobil Microsoft Surface akan segera masuk ke tahap produksi.


Untuk bagian eksterior dari mobil ini, konsepnya memakai BOXY  dengan tampilan yang sederhana sehingga tidak begitu banyak detail ornamen. Perusahaan Microsoft sendiri berusaha untuk menterjemahkan dari desain laptop miliknya. Body mobil nya menggunakan warna silver dengan aksen warna hitam yang mengkilap.


Bagian depannya tidak diberi lubang radiator untuk memberi petunjuk mobil ini menggunakan tenaga listrik untuk penggeraknya. Tidak ada gambar untuk interior dari mobil Microsoft ini, yang jelas pada bagian interiornya akan dibekali berbagai macam fitur serta teknologi yang canggih. Jika dilihat dari luar nampaknya mobil ini hanya untuk penumpang dengan kapasitas dua orang saja. Tidak memiliki kaca spion tapi memakai kamera untuk penggantinya.


Untuk lampu bagian depan maupun belakang sudah dibekali dengan teknologi LED strip dengan bentuk memanjang. Selain itu terdapat juga logo Microsoft pada setiap pintunya.Gambar ini untuk sekarang hanya rekayasa saja yang dibuat oleh desainer otomotif. Microsoft sendiri belum memberikan klarifikasi mengenai pembuatan mobil ini. Namun ketika melihat betapa cantiknya bentuk mobil ini, pasti akan sangat dinantikan oleh masyarakat di seluruh dunia.


Berbeda dengan Microsoft yang hanya sebatas desain saja. Apple lebih unggul, perusahaan raksasa asal Amerika Serikat ini dikabarkan saat ini sedang bekerja sama dengan perusahaan Hyundai untuk membuat mobil listrik dengan nama swakendali. Kabar ini dimuat surat kabar IT News, Minggu tanggal 10 Januari 2021.

Mobil Microsoft Surface VS Otonom Apple

Sebenarnya berita ini sudah beredar sejak lama,jauh sebelum dimuat pada surat kabar. Dan kabar ini berhasil membuat harga saham perusahaan hyundai naik menjadi 20%. Pada mulanya,Apple dan Hyundai akan kerja sama untuk memproduksi sebuah mobil listrik di tahun 2027 mendatang. Akan tetapi pada akhirnya kedua perusaaan besar itu mempercepat jadwalnya. Saat ini mereka telah melakukan pengembangan di bulan maret ini serta akan mulai masuk tahap produksi di tahun 2024 mendatang di Amerika Serikat.


Namun saat di wawancara pihak hyundai menolak untuk memberikan keterangan. Pihak Hyundai hanya memberi informasi jika ada beberapa perusahaan yang mengajak bekerja sama untuk melakukan pengembangan kendaraan listrik. Pihak Apple juga tidak memberikan klarifikasinya. Kabar yang beredar mengatakan bahwa mobil swakendali akan di produksi di perusahaan Kia yang terletak di Georgia, AS.


Kia sendiri merupakan anak dari perusahaan Hyundai dan pabriknya siap untuk memproduksi 100 ribu unit kendaraan ditahun 2024 mendatang. Bahkan dikabarkan perusahan ini mampu memproduksi sampai 400 ribut unit pertahunnya. Apple akan segera merilis mobil beta version/atau mobil uji coba di tahun depan. Menurut surat kabar Reuters, Apple juga tengah mengembangkan teknologi baterai yang canggih di tahun 2024.


Sejak beredarnya kabar ini, harga saham dari perusahaan hyundai mengalami peningkatan sampai 14,6%. Dan untuk Kia melonjak sampai 9,1%. Di Indonesia, Hyundai telah melakukan transformasi. Sekarang Hyundai menjadi produsen mobil yang akan membuat kendaraan di Indonesia. Pabrik yang telah dibangun mulai 2019 ini dikabarkan akan selesai di tahun ini. Nantinya pabrik ini akan menjadi pabrik Hyundai paling besar se Asia Tenggara.


Walaupun pabrik belum selesai dibangun, namun hyundai telah memperkenalkan kendaraan elektriknya tidak tanggung-tanggung, langsung 2 unit di tahun 2020. Mobil tersebut adalah Hyundai Ioniq serta Kona Electric. Keduanya berhasil menjadi pion kendaraan elektrik Indonesia pada era modern ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar