Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 12 Mei 2021

Rencana Honda Akan Merilis 4 Motor di Tahun 2024

Rencana Honda Akan Merilis 4 Motor di Tahun 2024

Otomo.id
- Kali ini perusahaan Honda tengah mempersiapkan beberapa motor yang akan segera rilis di tahun 2024 mendatang. Tidak tanggung-tanggung jumlah motor yang akan segera rilis mencapai 4 unit. Pihak honda sendiri sudah mengklarifikasi kalau pihaknya akan membuat motor listrik dengan model terbaru.


Walaupun belum secara jelas motor apa saja yang akan di perkenalkan nanti. Entah memperbarui tenaga niremisinya maupun membuat jenis baru. Sampai saat ini hanya di informasikan bahwa ada 3 motor yang ada dikelas 50 cc sampai 125 Cc. Yang dua skutik sedangkan yang satu nya adalah commuter bike, banyak orang yang menduga naked bike.


Jika dilihat dari motor yang sebelumnya rilis sepertinya yang dimaksud adalah motor CB125R. Namun untuk spesifikasinya tidak di jelaskan akan menggunakan apa. Sedangkan untuk skuternya, dikabarkan akan terbuat dari activa, bisa juga memakai Honda Grom.


Yang menjadi perhatian adalah adanya kolaborasi antara Honda dengan Mugen. Sport fairing nya memakai konsep RCE. Semua rencana tadi membawa kabar bahagia untuk pecinta Honda, hal ini di karenakan selama ini pabrikan Honda tidak pernah memperkenalkan motor elektrik kepasar. Walaupun ada itu hanya pameran teknologi saja.


Perusahaan Yamaha, KTM, serta Piaggio telah bekerja sama untuk membuat sebuah baterai dengan konsep swappable. Bertujuan untuk memperluas jangkauan serta mempersingkat untuk waktu pengisiannya dan juga menekan biaya kendaraan serta infrastukturnya. Baterai ini di klaim dapat mendorong untuk pemakaian kendaraan listrik.


Untuk baterainya sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yakni moped serta skuter, dan ATV sampai roda tiga.Produk niremisi yang sudah dapat dilihat adalah buatan dari pabrikan Honda yakni motor PCX Electric. Perbedaan dengan versi yang sebelum nya dapat di lihat dari ruang mesin nya dimana sekarang sudah kosong serta untuk dual shock absorber nya posisi nya lebih mundur, hal ini dikarenakan pemakaian motor listrik nya.


Untuk ornamennya diberi dengan aksen warna biru, yang memiliki arti ramah lingkungan. Bagian belakangnya kosong karena mesin konvensional nya hilang. Hanya memiliki motor penggerak dengan ukuran kecil yang menyambung ke roda belakang nya. Sedangkan untuk fendernya sedikit berbeda dari versi sebelumnya.


Dimana biasanya terletak dibawah stoplamp namun sekarang terletak belakang rodanya untuk model terpisah. Fendernya serupa dengan mud guard yang sering berada di motor-motor besar. Sedangkan letak bracket untuk plat nomernya juga mengikuti fendernya.


Dimensinya mengalami perubahan, hal ini dikarenakan bentuk wheelbasenya yang kini memanjang. Untuk jaraknya 1.380 mm, karena adanya hanger serta motor penggerak dan juga letak dari baterai nya. Suspensi bagian belakangnya juga secara otomatis mundur. Ukuran panjangnya yakni 1.960 mm dan lebar nya 740 mm serta untuk tinggi nya 1.095 mm. Sedangkan untuk ground clearancenya serta jarak ke tanahnya tetap sama seperti tipe konvensional.


Semua lampunya sudah menggunakan teknologi LED dan DRL. Untuk bentuk lampu utamanya masih sama, yang berbeda hanyalah adanya aksen warna biru untuk tanda ramah lingkungan. Untuk logonya juga diberi aksen warna biru. Dua baterai nya yang sudah swap lithium ion memiliki tegangan 50,4 volt dengan kapasitasnya yang sudah 20,8 Ah yang menjadikan pusat dari motor PCX Electric.


Motor PCX Electric dapat mengeluarkan tenaga sebesar 5,6 hp pada 500 rpm. Untuk torsinya mengalami peningkatan yakni menjadi 18 Nm di 500 rpm. Jika baterainya dalam kondisi penuh,jarak tempuhnya bisa mencapai 69 km,untuk baterainya sangat gampang untuk di bongkar pasang. Jadi jika habis maka bisa langsung diganti menggunakan baterai cadangan.


Cara untuk mengisi dayanya sangat mudah yakni yang pertama bisa dengan langsung menyambungkannya ke soket, bisa juga melepas baterainya terlebih dahulu, lalu baru disambung ke konektor khusus. Namun jika ingin lebih efisien maka bisa dilepas dulu baterainya. Butuh waktu sekitar 4 jam untuk baterai menjadi penuh. Waktunya lebih singkat karena jika langsung menyambungnya ke soket perlu waktu 6 jam,yakni 2 jam lebih lama.


Selain PCX Electric,ternyata ada satu unit lagi yang manarik perhatian,yakni motor CR Motocross buatan Honda, motor ini pernah ikut ajang Tokyo Motorcycle dengan bentuk prototipe. Desain body nya dibuat oleh Mugen. Motor ini beberapa kali pernah di uji di track,dan hasil nya masih menjadi rahasia untuk spesifikasi dan juga output nya.


Namun pihak honda memastikan jika berfungsi secara normal. Basis nya memakai CRF 250R. Untuk desain body nya memakai kombinasi merah,serta biru dan juga putih,masih mempertahankan ciri khasnya. Untuk penggeraknya masih memakai rantai serta gear. Kedua rodanya ditopang oleh upside down serta monoshock Showa.


Ada yang unik dari motor ini yakni adanya kepala silinder serta crankcase yang dibuat seperti mesin tradisional. Di dalamnya terdapat baterai yakni Maxwell Liion. Honda sendiri masih melakukan pengembangan untuk baterai nya agar bisa di lepas pasang. Honda sengaja menampilkan desain yang tradisional. Ini menjadi salah satu keunggulan nya. Jadi pecinta motor off road tidak akan kehilangan sensasi ketika sedang mengendarai motor konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar