Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 31 Mei 2021

Resmi Dirilis, Simak Spesifikasi Suzuki GSX-S 1000

Resmi Dirilis, Simak Spesifikasi Suzuki GSX-S 1000

Otomo.id
- Suzuki secara resmi telah memperkenalkan motor terbarunya yakni GSX S 1000 di tahun ini, tepatnya pada tanggal 26 april 2021 kemarin. Jika dilihat pada varian sebelumnya, motor ini terlihat lebih agresif karena tampilan desainnya yang sangat fresh. Desain bodynya terlihat lebih gagah serta futuristik. Perubahan yang paling terlihat signifikan adalah bentuk dari lampu utamanya.


Dimana sekarang lebih canggih dari tipe sebelumnya. Untuk harganya lumayan menguras kantong yakni di jual sekitar US$ 15.90,28 atau jika di rupiahkan menjadi sekitar Rp.219 juta. Kedatangan motor ini memang sudah cukup lama beredar di masyarakat. Di akun resmi Youtube milik Suzuki sudah tersebar teaser dari naked bike ini.


Suzuki sendiri telah secara resmi menjual motor baru GSX S 1000 ini ke berbagai negara seperti eropa dan negara lainnya mulai bulan juni mendatang. Transformasi perubahan pada desain nya sangat unik. Dimana untuk penerangan nya sudah memakai teknologi LED dengan proyektor yang dibagi menjadi dua bagian yakni atas dan bawah.


Untuk desain fascianya lebih terlihat agresif. Dan sebagai pemanis nya telah disematkan teknologi DRL yang dibuat lebih minimalis di bagian atas headlamp nya. Untuk sisi samping bodynya, lebih tepatnya pada bagian sektor shroud sedikit berubah, dimana untuk sekarang sudah memakai panel samping tentunya dengan tampilan yang baru serta winglet yang terinspirasi MotoGP.


Suzuki telah berhasil membuat motor dengan tampilan yang baru lewat GSX S 1000 dengan biaya yang cukup terjangkau. Komponen seperti bagian mesin, rangka, swingarm serta suspensinya dan juga roda tidak mengalami perubahan, hanya diberikan beberapa sentuhan. Perbedaan yang cukup signifikan terlihat adalah pada bagian bodywork yang digunakan.


Karena berhasil mengubah daya tariknya karena menggunakan elektronik yang canggih serta modern. Masih menggunakan rangka twinspar,yang memiliki bentuk stang tirus. Posisi stang membantu pengendara untuk lebih dekat yakni sampai 20 mm. Hal ini akan semakin meningkatkan rasa nyaman. Body work pada bagian belakang dibuat dengan lebih sederhana,dimana lebih banyak menonjolkan subframenya.


Pada bagian buntutnya di lapisi chat hitam matte,sehingga membuat tampilannya terkesan lebih pendek. Walaupun untuk proporsi motornya lumayan sama dengan versi lama.Bagian rangkanya tidak mengalami perubahan,keseluruhan titik keras di pasang seperti sebelum nya. Untuk motor GSX S 1000 tipe lama memakai plastik hitam dengan dilapisi cat yang memiliki fungsi menyembunyikan sisi mekanisnya.


Namun versi baru ini memiliki tekstur serta sentuhan akhir berbeda. Yang terlihat paling mencolok adalah untuk bagian depan radiatornya,dan pada bagian tengah serta panel samping di sekitar bawah tangki. Penggunaan marmer mengingatkan panel kompositnya yakni tempa,yang saat ini tengah populer dikalaangan ara produsen supercar.


Mesin motor Suzuki GSX S 1000 menggunakan basis model lama yakni GSX R 1000 K5. Sedikit di kembangkan pada bagian emisinya tetapi tidak mengurangi dari segi performanya. Alasan nya adalah karena K5 masih dianggap menjadi titik tertinggi untuk sejarah dari motor GSX R 1000 ini. Inilah yang membuat mesin tetap digunakan. Dan terntunya telah lolos dari segi uji emisi untuk Euro 5.


Perubahannya dapat terlihat pada bagian camshaft barunya. Profil cam sendiri dibuat berbeda dengan tampilan sedikit overlap, dan untuk pegas katup dibuat baru dengan kopling yang berbeda. Sedangkan untuk body throttle serta airbox dan juga knalpotnya diberi perubahan serta penambahan catalytic converter.


Biasa nya peningkatan pada emisi sejajar pada pengurangan daya nya. Namun motor GSX S 1000 memiliki horse power yang lebih banyak di bandingkan sebelumnya. Tenaganya sudah 150 hp dari sebelumnya 148 hp. Putarannya lebih keras dengan kekuatan tertingginya mencapai 11.000 rpm,tidak lagi 10.000 rpm.


Mesinnya memberikan torsi yang lebih baik serta untuk penyebaran kinerjanya lebih luas dari pada versi sebelumnya. Namun untuk kekurangan nya terletak pada konsumsi dari bahan bakar nya. Jika versi yang dulu dapat menempuh 53,3 mpg namun untuk yang versi baru ini hanya bisa menempuh sekitar 46,26 mpg. Dan untuk tangki pada bahan bakar nya kini meningkat yang tadinya hanya 17 liter namun sekarang mencapai 19 liter.


Untuk bagian elektronik nya, menggunakan throttle yang bekerja secara elektronik, menggunakan nama baru yakni SIRS serta SDMS bisa memilih untuk karakteristik dari output dengan tiga mode yakni A untuk yang paling sporty dan mode C untuk yang lembut. Selain itu ada juga sistem kontrol dengan traksi yang berjumlah 5 mode.


Semua informasinya dapat dilihat melalui LCD instrument yang sudah diperbarui. Terdapat juga quickshifter yang naik turun dan juga teknologi blipping throttle. Motor GSX S 1000 juga sudah menggunakan system easy start. Panel instrumen sengaja di tingkatkan, tidak lagi menggunakan desain LCD yang sederhana berbentuk bulat. Namun kini sudah menggunakan jenis TFT berwarna, dengan bentuk modern tentunya dengan teknologi sangat canggih.


Motor GSX S 1000 memakai peredam kejut dengan suspensi bagian depan upside down. Digabung dengan monoshock di bagian belakangnya. Untuk pelek nya memakai tipe racing yang di kemas oleh ban jenis Dunlop sportmax yang memiliki ukuran 120/70 17 untuk bagian depan serta 190/50 17 untuk bagian belakangnya.


Semua rodanya sudah menggunakan rem cakram. Bagian depan memakai kaliper radial dari brembo selain itu juga menggunakan teknologi ABS. Motor suzuki GSX S 1000 memiliki tiga pilihan warna diantaranya adalah silver combo,warna abu-abu,dan juga warna hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar