Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 31 Mei 2021

Tips Beli Mobil Baru Secara Kredit

Tips Beli Mobil Baru Secara Kredit

Otomo.id
- Memiliki niat membeli mobil baru tentunya membutuhkan ketelitian, sebelum kita akhirnya memutuskan untuk membelinya. Sebagian konsumen yang ingin memiliki mobil baru juga tidak semuanya bisa melakukan pembayaran secara cash atau tunai, ada juga beberapa konsumen yang mencicil karena keterbatasan ekonomi atau kredit dinilai memiliki sifat memberikan keringanan dan tidak perlu membutuhkan dana besar di awal.


Untuk membeli mobil secara kredit, sahabat otomo perlu memperhatikan beberapa tips yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, tujuannya supaya tidak menyesal di kemudian hari. Beberapa diantara kita melakukan pembelian secara kredit tetapi tidak mengetahui secara keseluruhan apa saja yang perlu di siapkan, sehingga ujung-ujungnya kredit mobil macet. Kasus ini terbilang cukup banyak terjadi dikalangan konsumen yang melakukan kredit.


Nah, untuk itu Otomo.id akan memgberikan beberapa tips aman membeli mobil secara kredit yang bisa kamu terapkan.

1. Memilih Kendaraan Sesuai Kebutuhan

Hal ini mungkin terdengar sepele untuk beberapa orang, tetapi sangat fatal jika tidak diperhatikan dengan seksama. Memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan hal yang utama kamu perhatikan sobat Otomo. Misalnya kamu ingin mencari mobil untuk keluarga, tentunya kamu juga perlu memperhatikan interior dari mobil, seperti sheet duduk dan bagasi yang besar, maka kendaraan yang cocok adalah jenis MPV.


Sebaliknya jika kamu membeli mobil untuk keperluan sendiri, misalnya untuk berpergian kekantor atau mungkin kamu seorang mahasiswa, kamu bisa memilih mobil jenis hatchback dan sedan juga sepertinya cocok untuk kamu. Nahh, jika sudah mengetahui kendaraan yang sesuai kebutuhan akan membantu kamu dalam menentukan langkah berikutnya.


2. Kondisi Keuangan

Kondisi keuangan juga menjadi hal yang patut kita perhatikan, memang untuk pembelian mobil secara kredit terbilang ringan, tetapi kamu harus memprediksi bagaimana kondisi keuangan kamu untuk beberapa tahun kedepan, misalnya upah pekerjaannya bisa menutupi kredit yang diajukan. Karena setelah kamu memutuskan untuk mengambil kredit mobil, kamu akan dihapkan pada cicilan yang wajib kamu bayar tiap bulannya. Serta tidak alasan untuk sobat Otomo menunggak pembayaran, bila tidak kemungkinan besar mobil bisa ditarik oleh perusahaan.


Selain itu, tips yang perlu kamu tahu adalah uang yang akan kamu bayar di muka atau sering disebut dengan uang muka (down payment/DP). Jika DP yang kamu bayarkan besar, maka semakin ringan pula cicilan mobil kamu perbulannya.


3. Simulasi Kredit

Hal ini kerap sekali di abaikan oleh calon pembeli mobil baru secara kredit, apabila sobat otomo sudah menentukan mobil yangn ingin dibeli, maka kamu diwajibkan untuk mengetahui daftar harga dari masing-masing varian mobil, kamu bisa mencari informasinya lewat brosur ataupun googling. Kemudian kamu bisa menentukan kecocokan kemampuan finansial kamu, Otomo.id menyarankan bila perlu lakukan simulasi kredit secara mandiri atau meminta bantuan kepada orang dialer.


Jika kamu sudah mengetahui gambaran cicilan kedepan bagaimana? Maka kamu akan semakin mudah untuk menentukan langkah selanjutnya dalam pengambilan kredit, mulai dari berapa besar dana yang perlu kamu siapkan setiap bulan untuk membayar cicilan.


4. Memanfaatkan Program Penjualan

Secara umum dialer mobil maupun agen pemegang merek (APM) sering sekali memberikan program penjualan khusus untuk konsumennya. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk, biasanya program khusus ini menawarkan beberapa paket yang memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian mobil. Dan juga ada beberapa keuntungan lainnya yang akan ditawarkan untuk konsumennya.


5. Lolos Proses BI Checking

Langkah terakhir dan wajib kamu lewati adalah BI Checking, syarat ini sangat menentukan apakah kamu layak diberikan cicilan ataupun tidak. Apabila konsumen tidak lolos maka konsumen tidak bisa melakukan pembelian mobil baru secara kredit. Lah terus bagaimana min suapay lolos BI Checking? Untuk sobat Otomo ketahui BI Checking adalah pemeriksaan mutasi pembayaran kredit debitur yang tersimpan di SID atau system informasi debitur. Dokumen yang perlu kamu siapkan untuk BI Checking, yakni Fc KTP (WNI), Fc Passport (WNA) dan surat kuasa asli disertai dengan identitas pemohon jika dikuasakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar