Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 17 Mei 2021

Toyota Camry TRD, Mobil Balap Bertenaga 670 hp

Toyota Camry TRD, Mobil Balap Bertenaga 670 hp

Otomo.id
- Adakah diantara sobat otomo yang menyukai ajang balap mobil? Mungkin di negara kita Indonesia, masyarakat lebih mengenal dengan ajang balap motor. Namun ternyata balap mobil tidak kalah keren loh dari balap motor. Bahkan ajang balap mobil atau car racing menjadi salah satu acara yang sangat ditunggu-tunggu di dunia.


Salah satu contohnya adalah Negara Amerika serikat atau biasa di sebut negara Paman Sam ini memiliki ajang balap yang terkenal didunia, yakni NASCAR CUP. Dimana banyak mobil balap yang ikut berpartisipasi di acara ini. Acara ini selalu menarik perhatian dunia. Bagaimana tidak, banyak pembalap-pembalap kelas dunia seperti Deny Hamlin, Chase Elliot serta Kyle Busch ada di sini.


Selain itu balap mobil ini memiliki stock kalendar mendunia misalnya Daytona 500 serta lain nya. Di tahun ini,terdapat tiga pabrik dunia yang turut serta berpartisipasi,seperti hal nya Toyota,serta Ford dan juga Chevrolet. Dan NASCAR pada musim depan, pabrikan terkenal Toyota akan memperkenalkan sebuah mobil baru,yakni mobil balap Camry TRD dengan versi terbaru tentunya.


Mobil balap Camry TRD sendiri merupakan salah satu produk unggulan dari Toyota. Mobil ini sangat populer di dunia. Maka dari itu Toyota sangat yakin jika Camry TRD akan lebih unggul dari mobil lain nya.Ajang balap NASCAR pada musim depan memiliki beberapa perubahan dari regulasinya. Untuk itu mobil balap Camry TRD juga dibuat dengan beberapa perubahan sehingga dapat menyesuaikan.


Seperti halnya, adanya perubahan yang cukup signifikan di bagian aerodinamikanya serta bagian eksteriornya. Selain itu juga adanya penyesuaian di suspensinya. Regulasinya sengaja diatur untuk penyesuaian supaya bisa menekan biaya operasional dengan tidak adanya kompromi untuk faktor keselamatannya.


BACA JUGA : HONDA N7X CONCEPT, SAINGAN TOYOTA RAIZE


Mobil balap Camry TRD menggunakan mesin dengan kapasitas 5,7 L V8, yang tidak tanggung-tanggung mempunyai performa dua tingkat sekaligus. Yang pertama bisa mengeluarkan tenaga sebesar 550 hp. Dan untuk yang kedua dapat menghasilkan tenaga sampai 670 hp apabila saat sedang di area sirkuit balap membutuhkan tenaga lebih besar.


Menurut kabar yang belakangan ini beredar, NASCAR akan segera mengeluarkan electric boost. Namun menurut Andy Graves selaku director TRD,perubahan akan dilakukan mulai tahun 2023 mendatang. Namun untuk Mobil balap Camry TRD versi ke tujuh ini tetap siap untuk mengikuti ajang NASCAR musim depan. Mesin yang disematkan yakni V8 dapat adaptasi lebih mudah dengan sistem hybrid.


Salah satu perubahan dari regulasi adalah adanya perubahan Velg dengan ukuran lebih besar. Jika sebelum nya memiliki ukuran 15 inci,maka sekarang sudah 18 inci. Sedangkan untuk konfigurasi baut rodanya sekarang diganti satu baut roda dengan ukuran jumbo yang terletak dibagian tengah center lock nya seperti hal nya roda pada mobil balap pada formula 1. Jauh berbeda dengan versi sebelum nya dimana dulu masih menggunakan 5 baut.


Velg yang dibuat BBS menggunakan bahan aluminium ringan. Dengan ukuran Velg lebih besar,akan membuat Toyota memakai rem dengan ukuran lebih besar, hal ini agar kemampuan deselerasi nya menjadi lebih baik. Selain itu roda center lock akan mempercepat untuk waktu pitstopnya. Mobil balap Camry TRD masih mempertahakan penggunaan Struktur dari rangka tubular. Tetapi untuk semua panel dibuat dengan menggunakan bahan carbon composte.


Sedangkan untuk kolong mobilnya ditutup rata. Untuk bagian depan nya memiliki splitter dengan ukuran lebih besar. Untuk diffuser belakang juga demikian. Keseluruhan dari perubahan ini merupakan hal yang baru karena sebelumnya belum pernah ada. Masuk kategori mobil balap,mobil Camry TRD desainnya nampak mirip dengan mobil Toyota versi lain,yang biasa dijual untuk dijadikan kendaraan sehari-hari.


Jika diletakkan sejajar, akan sangat mirip karena banyak sekali memiliki kesamaan. Namun tetap memiliki perbedaan sobat otomo,dimana lampu untuk bagian depan serta belakang nya mobil balap Camry TRD adalah stiker saja bukan lampu sungguhan. Sepertinya mobil balap ini akan sekeren namanya. Apakah kalian berencana untuk pergi ke Acara NASCAR? Sekedar untuk melihat mobil balap Camry TDR ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar