Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 14 Juni 2021

BMW i4 Sudah Rilis, Sedan Premium Performa Canggih

BMW i4 Sudah Rilis, Sedan Premium Performa Canggih

Otomo.id
- BMW kali ini tidak main-main dalam pembuatan mobil listriknya. Merk terkenal ini terus berupaya untuk menciptakan sebuah inovasi baru dalam dunia otomotif terutama pada segmen mobil listrik. Dengan tampilan yang dibuat menawan serta penggunaan teknologi serta performa yang canggih, membuat BMW cukup percaya diri untuk bersaing dengan merk lain.


Kali ini BMW kembali memperkenalkan sebuah mobil sedan baru di segmen mobil listrik yakni BMWi4. Memiliki gaya gran coupe yang hadir dengan varian i4-M50. Untuk spesifikasi serta harganya, BMW sudah merilisnya lewat tipe ini, dan akan bersaing bersama mobil Tesla dengan model 3 pada kelas sedan listrik.


Terdapat 2 varian BMW yang akan ditawarkan untuk tipe i4 ini, diantaranya adalah i4 M50 yang dijual dengan harga lebih mahal serta i4 e Drive 40 untuk varian entrynya. Tentunya kedua tipe ini menawarkan karakter serta performa berbeda, yang secara khusus dibuat untuk kebutuhan para konsumen dengan konsep yang unik.


Kedua varian i4 ini mengikuti konsep BMW yang di perkenalkan di tahun lalu, sempat menimbulkan kontroversi, dikarenakan desain pada bagian grille depannya. BMW i4 M50 dapat menjadi pilihan sobat otomo yang ingin merasakan punya mobil dengan performa tangguh yang dikategorikan ke segmen sedan dengan tenaga listrik.


Untuk bagian eksteriornya memiliki bentuk desain kuat serta agresif, mirip dengan tampilan mobil M440i. Kemiripan ini dapat dilihat dari side skirtnya, serta fascia bagian depan, velg, bahkan bentuk spionnya, dan yang terakhir fascia pada bagian belakang dibuat dengan karakter yang khas seperti varian M Sport.


Yang membedakan yakni pada bagian grille depan nya yang berukuran besar dengan sepenuhnya tertutup, hal ini untuk membuat aerodinamikanya bekerja lebih efisien. Untuk daya tempuhnya mobil sedan listrik ini mencapai 400 kilometer. Sistem pada bagian powertrain listriknya, menggunakan baterai yang dapat menempuh perjalanan dengan jarak 395 km untuk sekali isi full.

BMW i4 Sudah Rilis, Sedan Premium Performa Canggih

Untuk output puncaknya BMW i4 sudah menggunakan motor listrik dengan tenaga sampai 536hp dengan tenaga serta torsi yang mencapai 794 Nm atau sekitar 800 Nm. Untuk motor listrik bagian depan menghasilkan tenaga 255 hp serts untuk bagian belakangnya 308 hp yang terhubung lewat transmisi single-speed. Untuk output maksimalnya dapat dipakai ketika mode di super boost sedang diaktifkan.


Untuk akselerasinya, mobil BMW tipe i4 M50 mencapai 0 sampai 100 km/jam dapat di tempuh hanya dalam jangka waktu 3,9 detik saja. Serta butuh waktu 5,7 detik dengan jarak tempuh 200km/jam. Apabila dibandingkan BMW M3,maka untuk akselerasinya mulai dari 0 sampai 100 km per jam,yang dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu 4,1 detik saja serta 3,8 untuk varian M3 Competition.


Bagian kabinnya mobil sedan BMW i4 menawarkan sistem infotainment untuk ukuran layar yang besar dengan ukuran dimensinya 12,3 inci serta layar nya mencapai 14,9 inci. Sedangkan untuk bagian panel intrumennya di satukan kedalam satu frame. Varian terendahnya ada i4 s Drive-40, dengan performa yang lebih kalem dengan tenaga 335 hp serta torsi puncaknya mencapai 416 Nm.


Varian ini memakai penggerak satu motor listrik dengan menggerakkan roda belakangnya. Untuk akselerasinya mencapai 0-100 km per jam hanya dalam waktu 5,7 detik seperti tipe 330i. BMW menggunakan baterai dengan kapasitas 81,5 kWh dengan transmisi single-speed pada varian i4 eDrive-40.


Untuk bagian interiornya sedikit sama dengam tipe i4 M50, yakni menggunakan sistem infotainment yang mendominasi dashboardnya, dengan dibekali teknologi Android Auto dan Apple Car play, dibedakan oleh trima serta warna saja. BMW tipe i4 eDrive 40 memiliki jok dengan model standar,dan untuk i4 M50 memakai jok mirip dengan M3 serta  M4. Teknologi yang dipakai sangat canggih dengan sistem driver assistance,baim untuk tipe standar atau opsional.


Untuk keseluruhannya, BMW tipe i4 memiliki kemampuan otonom sampai level 2. Untuk fitur unggulannya misalnya go function, serta speed limit  dan juga driving Assistance dengan mengandalkan radar depan,serta kamera depan,dan juga radar samping dengan tetap mendukung Operasional dari steering dan juga lane control-Assintant.


Harga BMW i4 untuk varian yang paling rendah ada tipe i4 eDrive 40 yang dibandrol dengan kisaran harga US$ 55.400 jika dirupiahkan sekitar Rp.790,2 juta. Dan untuk tipe i4 M50 bisa dipilih untuk sobat otomotif yang ingin memiliki mobil dengan performa yang lebih kencang. Dibandrol dengan kisaran harga US$ 65.900 jika dirupiahkan sekitar Rp. 940 jutaan.

2 komentar:

  1. BMW nggak ada matinya ya

    BalasHapus
  2. yoi bro, selalu terdepan hehehehe
    semoga saja BMW mau bekerjasama ni..
    candaBMW HIHIHIHI

    BalasHapus