Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 07 Juni 2021

Daftra Mobil Dengan Gullwing Doors Terunik

Otomo.id - Di seluruh dunia, kebanyakan mobil keren yang dipasarkan menggunakan pintu gullwing. Seperti sayap membentang saat daun pintu terbuka ke arah atas, gullwing doors menjadi fitur yang cukup penting untuk mobil sport dengan performa yang tinggi dari dulu. Bahkan sampai sekarang, gullwing doors masih digunakan oleh beberapa sport car modern dan mewah, misalnya saja Mercedes SLS, serta Pagani Huayra dan sampai Suv.


Desain pintu gullwing sangat panjang dan pertama kali dibuat untuk digunakan pada mobil balap yakni mercedes benz tipe 300 Sl tepatnya pada tahun 1952. Mulai saat itu akhirnya banyak dari produsen mobil yang mengikuti desain dengan gullwing doors untuk digunakan pada kendaraan mereka, hal ini untuk menambah kesan futuristis. Berikut ini otomo.id rangkumkan untuk kalian daftar mobil dengan gullwing doors terunik.


1. Lamborghini Marzal

Daftra Mobil Dengan Gullwing Doors Terunik

Mobil dengan Gullwing doors terunik pertama adalah Lamborgini Marzal. Mobil dengan kaca besar, diperkenalkan di tahun 1967 pada acara Geneva Motor Show. Mobil ini ini dibuat dengan pintu gullwing doors yang hampir semuanya dibuat dari bahan kaca. Dirancang oleh Bertone yang terinspirasi saat sedang membuat 4 pintu mobil ferrucio lamborghini. Mobil Lamborgini Marzal menggunakan mesin yang memiliki kapasitas 1,9 L dengan 6 silinder.


Mesin ini adalah mesin dengan 12 silinder milik lamborgini miura yang sengaja dibelah menjadi dua. Inilah yang menyebabkan mobil ini menjadi satu-satunya mobil Lamborghini dengan memakai mesin 6 silinder di dunia. Namun untuk segi performa tidak perlu diragukan lagi,karena mobil gullwing doors terunik ini dapat menempuh kecepatan maksimumnya sampai 225 km/ jam.


2. Detomaso Mangusta

Daftra Mobil Dengan Gullwing Doors Terunik

Mobil Gullwing doors terunik berikutnya adalah detomaso Mangusta. Desainnya dibuat oleh seorang yang bernama Giorgetto Giugiaro. Awalnya mobil ini adalah hasil kerja sama dari detomaso dengan shelby. Dinamakan mangusta karena jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya menjadi Garangan, atau biasa dikenal dengan hewan yang suka memangsa kobra. Elemen pentingnya berada di mesin belakang yang ditutup atap kaca, terhubung dengan engsel,hal ini membuat penutup pada mesinnya dibuka.


3. Melkus RS-1000

Daftra Mobil Dengan Gullwing Doors Terunik

Mobil Melkus RS-1000 menjadi sport car yang berasal dari negara Jerman, diproduksi secara massal dari tahun 1969-1979. Dirancang oleh Heinz Melkus,seorang pembalap. Dibuat saat jerman sedang berada dimasa sulit karena dibawah tekanan rezim komunis. Oleh karena itu,Heinz  melkus membuat mobil ini dengan mengambil beberapa komponen mobil lain.


Walaupun tampilannya sangat mewah,ternyata mobil ini hanya menggunakan mesin kecil dengan kapasitas 1,0 L dengan tenaga yang dihasilkan sekitar 70-120 hp saja. Namun mobil ini dapat menempuh jarak dengan kecepatan tertingginya mencapai 165 km per jam. Dengan penggunaan gullwing doors, mobil ini berhasil mencuri perhatian banyak orang.


4. Bricklin SV1

Daftra Mobil Dengan Gullwing Doors Terunik

Di tahun 1974-1976 Kanada memproduksi sebuah mobil sport dengan dua pintu,mobil ini diberi nama SV 1. Namun sayangnya perusahaan ini telah tutup, padahal mobil Bricklin SV 1 memiliki desain menarik dengan Gullwing doors terunik pada masanya. Badan mobilnya dibuat dengan menggunakan bahan fiberglass. sehingga gullwing doors menjadi gampang untuk dibuka. Mesinnya menggunakan V8 yang memiliki tenaga 220 hp dengan transmisi manual nya 4 percepatan. Namun ditahun berikutnya,mesin ini diganti mesin ford V8 dengan tenaga yang lebih kecil,hanya sekitsr 175 hp saja. Untuk transmisinya sudah otomatis dengan 3 percepatan.


5. Pagani Huayra

Daftra Mobil Dengan Gullwing Doors Terunik

Mobil Gullwing doors terunik ini hanya dibuat dengan jumlah 100 unit di dunia. Mesinnya menggunakan Amg dengan 6,0 l v12. Untuk tenaganya sudah 720 hp. Sedangkan untuk performanya sangat menyenangkan, bahannya terbuat dari carbotanium fiber sehingga semakin mempercantik tampilannya.


6. Delorean DMC12

Daftra Mobil Dengan Gullwing Doors Terunik

Mobil dengan pintu gullwing terunik yang selanjutnya ada Delorean DMC12. Mobil ini menjadi satu- satunya mobil yang dibuat oleh Delorean. Memiliki desain yang sangat futuristis. Dengan menggunakan mesin yang memiliki kapasitas 2,8 L v6, mobil ini dapat berakselerasi mulai dari diam hingga jarak 100 km per jam hanya dalam waktu 8,8 detik.


7. Mercedes benz C111

Daftra Mobil Dengan Gullwing Doors Terunik

Mercedes benz C111 menjadi mobil gullwing terunik yang mimin bahas terakhir. Mobil ini memiliki peran penting untuk mercedes benz,hal ini dikarenakan C111 menjadi mobil pengembangan untuk mesin milik mercedes benz mulai dari 1960 sampai 1970. Tidak hanya mesin namun untuk fitur kabin,serta Ac bahkan interiornya mereka kembangkan di mobil ini. Dibuat dengan bahan fiberglass, sedangkan untuk desainnya dibuat aerodinamika dengan sangat baik. Mesinnya memakai wankel 4 rotor yang membuat mobil ini dapat menempuh jarak sampai 300 km per jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar