Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 09 Juni 2021

Hypercar Termahal di Dunia, Bugatti La Voiture Noire

Hypercar Termahal di Dunia, Bugatti La Voiture Noire

Otomo.id
- Saat pertama kali tampil di hadapan publik saat acara GMS tahun 2019 lalu, mobil mewah Bugatti La- voiture Noire berhasil menjadi mobil baru dengan harga paling termahal di dunia. Mobil yang digunakan Christiano Ronaldo ini berhasil terjual dengan harga US$ 18,7 juta, jika di rupiahkan kurang lebih sekitar Rp.266 milliar, dan kerennya hypercar ini hanya di produksi satu unit di dunia.


Tidak hanya di produksi secara ekslusif yang hanya tersedia satu unit, ternyata ada cerita menarik dibaliknya yang berhasil menjadikan hypercar termahal bugatti ini sangat spesial. Misalnya saja inspirasi dalam pembuatannya, kemudian siapa yang akan menjadi pemilik nya dan keunikan lainnya. Hypercar Bugatti di ciptakan untuk penghormatan yang di berikan kepada mobil klasik dengan jenis 57SC  Atlantic.


Sebelumnya Bugatti sudah membuat mobil dengan konsep Aerolithe yang menggunakan bahan aeronautical grade dengan magnesium alloy. Memiliki type 57SC yang merupakan versi dari produksinya. Mobil dengan desain sangat cantik dan mewah, memiliki lekukan body yang indah di seluruh tubuhnya.


Berhasil membuat mobil bugatti la voiture noire seperti karya seni yang sangat indah. Untuk tipe 57SC hanya 4 unit saja yang pernah Bugatti buat. Misalnya saja Jean Bugatti, mobil pertama sekaligus pendiri dari Ettore bugatti. Menggunakan cat warna hitam pekat yang mengkilap, mobil bernomor #57453 ini diberi nama La voiture Noire. Di ambil dari bahasa prancis, yang memiliki arti mobil hitam, sesuai dengan warnanya. Ketika akan dikirim ke bordeaux, yakni tempat tinggal dari Jane, mobil ini tiba-tiba hilang secara misterius dan sampai sekarang belum berhasil di temukan.


Maka dari itu mobil Bugatti La voiture Noire versi terbaru ini dibuat untuk pengganti sekaligus mengenang kembali keindahan dari mobil hilang tersebut. Ketika diambil alih oleh perusahaan Volkswagen Group, maka misi utama mobil bugatti diganti menjadi menemukan aerodinamika dengan versi yang tidak pernah ada di mobil lain nya.


Misalnya saja chiron, yakni penerus dari Bugatti Veyron yang mempunyai tampilan eksterior, mampu menyeimbangkan semua aspek untuk mobil dengan performa yang tinggi. Bodynya dapat mengalirkan udara yang segar masuk ke dalam bagian mesin V16 yang berada di belakang dengan tetap memberikan daya tekan down force sempurna untuk menghasilkan traksi yang ideal.


Maka tidak aneh apabila Chiron dapat menempuh kecepatan tertinggi nya sampai 405 km per jam. Angkanya sengaja di batasi karena ke empat bagian ban nya tidak akan sanggup untuk membawa lebih kencang. Hypercar termahal La-voiture Noire di ciptakan lebih unggul dari basis Chiron. Walaupun telah sempurna, namun Bugatti masih melakukan lebih banyak lagi penyesuaian supaya hypercar termahal ini lebih terlihat istimewa. Termasuk merubah bagian dari desain eksterior nya.


Frank heyl selaku dari desainer hypercar termahal Bugatti La-Voiture Noire, menggunakan beberapa elemen desain grand tourer di tahun 1930 an,berhasil menjadi inspirasi mobil Hitam. Desain knalpot dibuat dengan 6 lubang pada bagian belakangnya. Bodynya di balut dengan selembar kain utuh jadi tidak terpotong. Inilah yang menjadi alasan hypercar termahal ini menjadi pemenang dari Desain Award Villa d'Este.


Jika dilihat lebih lagi, terdapat perbedaan versi prototipe dengan versi saat di tampilkan di GMS tahun 2019 lalu. Velgnya di buat berbeda dengan memakai teknologi yakni 3D printer, desainnya sangat efisien sehingga bisa mengurangi bobot menjadi lebih spesifik. Ketika di perkenalkan di GMS, semua kacanya sudah dilapisi dengan kaca film tebal sampai interiornya tidak dapat dilihat dari luar.


Hal ini dilakukan agar Hypercar termahal ini ingin desain yang dimilikinya sesuai keinginan dari pemiliknya. Dan akhirnya pemiliknya jatuh kepada Christian Ronaldo, pesepak bola terkenal dunia. Bugatti akan membuat sketsa interiornya dan kemudian diperlihatkan kepada pemiliknya. Nilai eksklusifitas tidak perlu diragukan lagi. Ronaldo sendiri ikut berkreasi menentukan detail dari interiornya dengan bebas.


Hypercar termahal ini menggunakan mesin sama dengan yang digunakan Bugatti Chiron. Namun untuk kecepatannya Bugatti Lavoiture Noire ini lebih unggul, alasannya karena memiliki aerodinamika yang baik. Hypercar termahal ini memiliki mesin dengan kapasitas 8,0 L,induksinya sudah 4 turbo charger. Dapat menghasilkan tenaga sebesar 1.500 hp untuk torsi puncaknya yakni 1.600 Nm.


Dapat menempuh kecepatan dari diam sampai 100 km per jam hanya dengan waktu 2,5 detik. Untuk kecepatan tertinggi dari Hypercar termahal ini sampai 420 km per jam. Meskipun sudah menggunakan performa yang tinggi, serta memecahkan rekor tercepat namun nyatanya tidak membuat bugatti puas. La-voiture Noire bukan satu-satunya mobil yang diciptakan Bugatti.


Ada mobil lain seperti Divo yang fokus pada kecepatan serta menukarnya dengan keahlian menikung yang sangat baik. Menurut kabar yang beredar, saat ini bugatti sedang menyiapkan mobil istimewa lagi yang posisinya berada diantara Divo dengan Hypercar termahal La-voiture Noire.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar