Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 07 Juni 2021

Lightyear One, Mobil Listrik Tenaga Surya Pertama di Dunia

Lightyear One, Mobil Listrik Tenaga Surya Pertama di Dunia

Otomo.id
- Perusahaan ban besar yakni Bridgestone secara resmi telah mengumumkan kerjasama ekslusifnya dengan perusahaan Lightyear yang berasal dari Belanda, yaitu sebuah perusahaan yang berinovasi dalam mobilitas. Bridgestone mendorong pengembangan ban yang secara khusus dibuat untuk digunakan di lightyear one,sebuah mobil listrik dengan tenaga surya yang dapat menempuh jarak jauh dan untuk pertama kalinya di dunia. Mobil listrik ini akan segera tersedia di akhir tahun ini.


Berbeda dengan mobil listrik lainnya, lightyear one dapat menempuh jarak sampai 725 km jauhnya, dimana sebelumnya belum pernah ada mobil listrik yang dapat menempuh kecepatan sejauh ini. Selain itu, mobil listrik lightyear one juga menjadi mobil listrik yang pertama kali mempunyai energi lebih hemat dari pada mobil listrik lainnya yang beredar di pasaran, tak tanggung-tanggung perbedaannya mencapai 3x lipatnya.


Energi dari mobil listrik lightyear one di isi secara langsung melalui sinar matahari lewat atap surya berukuran besar, dan dapat memininalisir emisi untuk karbondioksidanya, serta dapat memaksimalkan efisiensi ketika sedang pengisian baterainya. Pengembangan mobil listrik lightyear one tidak hanya pada bagian desain saja, tapi juga pada bagian lainnya. Untuk kinerjanya sangat unik serta dapat meningkatkan efisiensinya. Lightyear menggunakan ban khusus yang mampu menghambat gulir sehingga sangat rendah serta berat bannya menjadi ringan, hal ini untuk menghemat penggunaan masa pakai pada baterainya. Selain itu juga dapat memaksimalkan untuk jarak tempuhnya, serta dapat mengurangi dampak pada lingkungan.


Menurut Emilio Tiberio selaku CTO serta COO pada Bridgestone emia mengatakan ''Mobil listrik lightyear one terkesan melakukan pendekatan kepada bridgestone pada mobilitas yang berkelanjutan. Dimulai dari kami yang terlibat masuk pada proyek dari bridgestone world, membuat kami sangat bersemangat untuk berperan masuk kedalam proyek lightyear-one. Pihak Bridgestone berkomitmen akan mengurangi sejumlah 50% untuk emisi Co2 di tahun 2030 mendatang, serta memakai 100% bahan berkelanjutan di tahun 2050. Kemitraan yang strategis sangat penting untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan''.


Bridgestone serta Turanza Eco akan menjawab tantangan dengan menciptakan sebuah ban yang bernama Turanza eco secara khusus dibuat untuk mobil listrik Lightyear one, kombinasi antara teknologi evolusioner dari ban ringan jenis Enliten serta teknologi ologic yang pertama kalinya dibuat. Teknologi ini bisa mengurangi bobot lewat penggunaan bahan material mentah saat proses produksinya. Dan dapat mengurangi hambatan tergelincir lewat desain yang dipakai dengan bentuk telapak yang inovatif, memiliki ukuran diameter lebih besar dan tekanan inflasi yang tinggi serta bentuk desain yang ramping.


Hambatan pada gulirnya sangat rendah sehingga dapat mempengaruhi ukuran berat baterainya menjadi lebih ringan untuk mobil listrik lightyear one. Untuk hasilnya, ban merk turanzo eco dapat meningkatkan untuk jarak tempuhnya apabila dibandingkan ban alternatif yang khusus untuk bridgestone electric lainnya. Dan dapat mengurangi ukuran bobot baterainya lebih besar sampai 90 kg.


Selain dapat mengoptimalkan untuk jarak tempuh mobil listrik lightyear one. Bagian dispersi silika yang berada dalam ban sudah ditingkatkan, menggunakan teknologi baru lewat kombinasi bahan baku, dapat mengurangi berat ban sampai 3,6 kg/10% per kendaraan tidak perlu mengurangi untuk jarak tempuh serta cengkraman pada ban nya.Untuk yang pertama, simbol ban pada Ev bridgestone dipasang di dinding bagian samping pada ban Turanzo.


Simbol ini dipakai di ban yang secara khusus dibuat untuk mobil listrik serta simbol ini bisa menunjukkan ban sudah menjalani proses uji coba secara ketat hal ini untuk menghasilkan persetujuan produsen mobil. Untuk hasilnya ban memakai fotur unik untuk kendaraan listrik serta untuk memenuhi syarat dari pabrikan untuk konsumsi daya baterainya,serta kontrol kendaraan juga masa pakai bannya.


Bridgestone memanfaatkan pemakaian teknologi pada pengembangan ban nya secara virtual menghasilkan kinerja ban lebih akurat. Tidak perlu memproduksi serta mengujinya,sehingga bisa menghemat sampai 40 ribu km,ketika melakukan uji coba di mobil luar ruangan. Hal ini bisa memotong waktu untuk pengembangan produk serta pengujian ban sampai 50%.


Mobil listrik lightyear one dibuat saat acara Bridgestone world,yakni acara lomba melintasi di bagian pedalaman Australia, dengan jarak 3000 km. Dapat mendorong inovasi serta teknologi mobilitas yang memiliki tenaga surya. Bridgestone sendiri berkolabirasi bersama university eindhoven technical serta orang yang bekerja di lightyear sampai delapan tahun lamanya. Team eindhoven selalu memenangkan cruiser cup selama 4x berturut-turut,mulai tahun 2016 hingga 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar