Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 24 Juni 2021

Motor Adventure Morini X-Cape 650 Siap Menggebrak Pasar Asia

Motor Adventure Morini X-Cape 650 Siap Menggebrak Pasar Asia

Otomo.id
- Motor genre adventure yang masuk kategori kelas menengah kali ini kedatangan pendatang baru. Motor yang di beri nama dengan Morini X-cape 650 ini menggunakan mesin kembar yang sudah dua paralel dengan berpendingin cairan sebesar 650cc. Motor buatan Italia dengan Cina ini dikabarkan akan segera rilis dan dijual di pasar Asia serta Eropa.


Motor Morini X-cape ini pernah tampil pada acara Eicma yang diselenggarakan di tahun 2019 tahun lalu. Namun waktu itu hanya dalam bentuk konsep saja dan dijadwalkan akan rilis di pertengahan tahun 2020 ini. Namun ternyata tidak terlaksana karena adanya pandemi covid 19 yang melanda dunia. Tapi saat ini telah diperkenalkan pada beijing motor show tahun 2021 ini. Hal ini menjadi pertanda bahwa tidak butuh waktu lama lagi motor Morini X-cape 650 segera ada di pasar Asia. Sobat otomo sudah bisa lihat pada situs web punya motor morini, dan akan segera tersedia untuk beberapa bulan lagi.


Morini X-cape 650 saat ini masih menggunakan konsep yang sama dengan sebelumnya. Sengaja dibuat dengan tidak melakukan banyak perubahan ketika dipamerkan pada acara pameran yang dilakukan di Cina. Tetap terlihat identik walaupun teknologi mesin yang digunakan masih bekerja sama dengan perusahan asal Tiongkok. Meskipun begitu, untuk rancangan serta pengembangan untuk motornya dilakukan di kota Bologna, Italia.


Untuk perspektif stylingnya, Morini X-Cape mirip dengan motor milik Honda yakni Africa Twin yang generasi pertamanya. Dapat dilihat mulai dari tangki untuk bahan bakarnya yang dibuat menjulang lebih tinggi serta untuk bagian joknya dibuat lebih rendah. Jika dilihat secara sekilas memang akan menyulitkan untuk pengendaranya bergerak. Namun model kursi yang seperti ini membuat stabilitas menjadi lebih baik.


Pada bagian lampu depannya dibuat ganda yang menyatu bersama fairing. Sedangkan untuk bagian belakang memakai tipe lancip. Pada bagian belakangnya menggunakan model lancip dan diberi sedikit tambahan behel gunanya untuk mengakomodir pemakain box. Sementara untuk tipe teralis pada bagian sub frame nya tertutup dengan bodynya. Ukuran diameternya yakni panjang 2.190 serta untuk lebarnya 905 dam untuk tinggi mencapai 1.390 mm.


Sedangkan pada bagian wheelbasenya memiliki ukuran 1.470 mm. Dengan ketinggian kursi mencapai 820mm, sedangkan untuk ground cleanrance mencapai 175 mm serta untuk bobot beratnya mencapai 213kg, untuk ukuran tangkinya 18 liter. Namun untuk knalpotnya dibuat dengan sangat rendah. Jadi mudah rusak jika digunakan untuk menjelajah. Ukuran bodynya hampir sama KTM 790.


Jika dilihat dari spesifikasinya, motor X cape 650 menggunakan mesin dengan kapasitas 649 cc yang sudah DOHC dengan paralel twin yang berpendingin cairan, serta sudah memiliki standar yang bagus yakni Euro 5. Untuk borenya sudah 83 mm dsn untuk strokenya berukuran 60 mm dengan kompresi 11.3 banding satu. Untuk tenaga yang dapat  dihasilkan bisa mencapai 60 hp di putaran 8500 rpm dan untuk torsinya sebesar 56 Nm di putaran 7000 rpm.


Dengan upside yang memiliki diameter 50mm dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Pada bagian belakangnya sudah monochock lewat swingarm yang memiliki bahan aluminium yang berbahan kuat serta ringan. Pada bagian roda depannya memiliki ukuran 19 inci yang dibalut dengan ban tubless berukuran 110/80  serta roda belakangnya memiliki ukuran 17 inci dan ban nya 150/70.


Untuk sistem pengereman, Morini X-cape 650 menggunakan disc dengan ukuran 298 mm serta 255mm yang single disc, keduanya menggunakan 2 piston. Dan baik depan maupun belakang telah menggunakan sistem pengereman Abs dengan 2 chanel yang di peroleh dari BOSCH dengan tipe 9.1 Mb.


Tidak hanya sistem pengereman Abs saja, namun untuk fitur yang lain seperti sistem pencahayaan yang sudah sepenuhnya menggunakan Led. Dan untuk layar TFT dengan ukuran 7 inci menggunakan teknologi TMPS serta konektivitas lewat bluetooth. Hal ini berguna untuk memudahkan para pengendara untuk mengatur terpaan dari angin yang berasal dari depan,dan untuk windshieldnya dapat diatur untuk ketinggian walau hanya menggunakan satu tangan.


Pabrik asal Italia ini awalnya di buat oleh seorang pria yang bernama Alfonso Morini tepatnya di tahun 1937. Produknya cukup digemari para konsumen di Eropa serta dunia. Akan tetapi,di akhir tahun 1990an, pihaknya memiliki masalah keuangan hingga akhirnya ditahun 2018 perusahaan Moto Morini di aku sisi oleh perusahaan asal Tiongkok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar